Jepang dan China tegang

perdana menteri jepang shinzo abe bersumpah ingin mengusir dengan mengunakan kekuatan, semua pendaratan china dalam kepulauan yang kedua negara sedang persengketakan sesudah delapan kapal pemerintah china berlayar menuju perairan dan diperselisihkan itu.

bentrok terakhir meledak saat 168 anggota legislatif jepang mengunjungi kuil yasukuni di tokyo dan dianggap simbol imperliasme masa kemarin jepang juga mencari marah china juga korea selatan.

tokyo memanggil duta besar china agar jepang selasa ini sesudah delapan kapak milik bumn china berlayar ke perairan teritorial jepang.

pelayaran ini merupakan yang terbesar menuju perairan dan disengketakan dari tokyo menasionalisasi sebagian kepulauan tersebut september lalu.

Informasi Lainnya:

abe bersumpah akan mencari kekuatan untuk mengusir semua upaya pendaratan china pada kepulauan pada laut china timur tersebut.

kami ingin mengikuti langkah menentukan melawan semua upaya masuk ke teritorial air dan daratan kepalauan itu, tutur shinzo abe menjawab pertanyaan parlemen.

kami tak ingin sudah mengizinkan pendaratan. ingin alamiah bagi kami agar mengusir dengan kekerasan manakala (china) berusaha melakukan pendaratan, tegasnya.

kapal-kapal china berulangkali berlayar mengitari lima pulau yang dikontrol tokyo dalam pilihan bulan belakangan oleh karenanya memicu sengketa diplomatik.

kapal-kapal pengintai maritim china memasuki zona 12 mil luar pulau-pulau yang disebut china diaoyu juga dengan jepang senkaku itu, sekitar pukul 8 pagi waktu setempat ataupun 6 pagi wib.

sungguh tercela juga tidak bisa diterima kapal-kapal pemerintah china berulang kali memasuki perairan teritorital jepang, tutur kepala kabinet jepang yoshihide suga seperti dikutip afp.

sekelompok nasionlis jepang sudah mengirimkan sembilan kapal ke area kurang lebih kepulauan yang serta diklaim taiwan itu.

kepulauan ini kaya ikan dan diyakini menyimpan sumber daya alam melimpah dalam dasarnya.