Puskesmas Gunung Kidul kekosongan vaksin polio

dinas kesehatan kabupaten gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta memperketat penggunaan vaksin polio yang biasa diberikan kepada bayi umur 0 hingga 9 bulan sebab pada sederat puskesmas terjadi kekosongan.

kepala seksi surveilans dan imunisasi dinas kesehatan (dinkes) gunung kidul dwi fransetiyono di gunung kidul, kamis, menyatakan apabila dibiarkan dengan selalu menerus kelangkaan vaksin mau berdampak selama banyaknya bayi di wilayah setempat rawan terkena polio.

kondisi kekosongan vaksin ini terjadi dari awal tahun lalu. hal ini dikarenakan stok selama dinkes diy menipis, makanya berimbas di stok pada pilihan puskesmas di gunung kidul terjadi kekosongan. kami belum hapal data tentunya, kata dwi.

ia menyatakan pemakaian vaksin polio di gunung kidul perbulannya mencapai 4000 dosis. pengadaannya vaksin polio segera diselenggarakan dinkes diy. daerah hanya mampu mengajukan kebutuhan, tak dapat menggarap pengadaan sendiri, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia menungkapkan, telah mengajukan kebutuhan ke diy, juga berharap kebutuhan vaksin polio segera tertangani. kami berharap, minggu depan vaksin polio langsung dikirim daripada dinkes diy, katanya.

kepala puskesmas i karangmojo heru istiadi menyatakan stok vaksin polio selama puskesmas yang dipimpinnya sudah mulai menipis sejak awal tahun. stok vaksin ipp sudah habis sejak minggu kemarin, ujarnya.

sejak awal tahun dinkes gunung kidul, kata heru, sudah menyerahkan rambu-rambu, kebutuhan vaksin polio. pemakaian vaksin yang digunakan supaya mencegah penyakit polio ini harus pas melalui plafon dan telah ditentukan yaitu diantara 6 orang sampai 10 pihak pasien.

setiap dosis dapat dimanfaatkan 6-10 pasien, jadi harus banyak pasien sederat itu lagi baru kami berikan vaksin. hal ini dikarenakan vaksin yang telah dibuka tak mampu di pergunakan kembali,katanya.

sementara itu salah Salah satu dokter di gunung kidul nuri cahyawati menungkapkan vaksin polio amat penting bagi perkembangan balita usia 0-9 bulan. apabila tak divaksin polio ini, balita bisa terserang penyakit polio atau lumpuh layu. biasanya, betul balita mesti divaksin polio sebanyak tiga sampai empat kali, katanya.