Sejarah demokrasi Indonesia pengaruhi politik ASEAN

proses perjalanan demokrasi pada indonesia dari jatuhnya rezim presiden soeharto di 1998 hingga sekarang membawa pengaruh penting kepada kebijakan politik luar negeri negara-negara asean, tutur benar peneliti.

di asean, indonesia konsisten pada mempromosikan demokrasi dan fondasi hak asasi manusia, setelah mereka bertransformasi, juga itu tak gampang karena banyak pilihan rintangan, tutur peneliti politik serta hubungan internasional university of south california donald e. weatherbee pada pemaparan kemajuan politik luar negeri indonesia yang diselenggarakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) selama jakarta, jumat.

profesor dan menulis buku pertamanya perihal sikap politik soekarno (1966) ini menuturkan jalan berliku indonesia dalam memulihkan kepercayaan negara-negara sahabat setelah reformasi 1998.

perjuangan untuk menyelaraskan demokrasi, ujarnya, ditandai daripada apa negara ini mencoba mereformasi aspek-aspek bermanfaat yang meninggalkan luka manakala mengingat era pemerintahan sebelum 1998, semisal keamanan sipil juga hak asasi manusia (ham).

Informasi Lainnya:

pembentukan komisi nasional ham setelah 1998 juga menjadi jenis pujian weatherbee, walaupun baru lebih banyak dulu konsentari properti dan mesti langsung diselesaikan.

selain tersebut, proses penyusunan kebijakan publik dan asalnya hanya menggandeng pemerintah, sekarang menyertakan ada ahli pada bidangnya seperti praktisi, ilmuwan dan lain-lain telah mengembalikan kualitas demokrasi juga menghargai azas manfaat.

ini membuka kepercayaan, juga usaha seluruh negara supaya menjalin hubungan lebih tidak jauh, tak hanya amerika tapi serta eropa.... dan australia, ujarnya.

weatherbee mengatakan usaha-usaha diaplikasikannya demokrasi selama indonesia menular ke semua kebijakan dan inisatif perhimpunan bangsa asia tenggara (asean). seperti lahirnya piagam asean 2007 yang mencari anggotanya harus mematuhi peraturan yang ada kandungan kualitas demokrasi dan penghargaan kepada ham.

kemudian, lanjut weatherbee, indonesia serta berkontribusi penuh dalam pembentukan deklarasi hak asasi manusia asean kemarin. terlalu juga di cita-cita pembentukan komunitas asean pada 2015 yang mempunyai pilar komunitas politik juga keamanan, sosial budaya serta ekonomi.

masuknya nilai demokrasi asean tidak ingin terjadi tanpa demokrasi di indonesia, ujarnya.

namun, penerapan demokrasi dan tidak tidak rumit sebab sikap negara-negara asean yang masih resisten.

itu membuktikan ada `lip service` melalui agama asean, katanya.

eksistensi indonesia serta terlihat pada kepedulian kepada negara-negara selama kawasan. selama konflik rohingya dalam myanmar, indonesia berhasil menegaskan sikapnya dan menunjukkan kepedulian.

weatherbee menungkapkan sikap itu menunjukan salah Salah satu bukti sifat kepemimpinan indonesia dan tak hendak surut. saya menikmati itu sebagai posisi `natural leader`, katanya.